banner-detik
EDUCATION

Waspada 5 Benda Ini yang Mudah Tertelan Balita!

author

Finaur12 Sep 2022

Waspada 5 Benda Ini yang Mudah Tertelan Balita!

Hati-hati ya Mommies, karena 5 benda ini mudah tertelan balita apalagi bentuk dan terksturnya sangat menarik.

Ditulis oleh Putri Azzahra

Sebagai orang tua yang ingin memberikan pengalaman terbaik untuk anak sejak kecil, beberapa benda ini tentu jadi pilihan saat ingin mengajarkan anak mengenai bentuk dan tekstur. Selain itu, benda ini juga ada disekitar kita karena fungsinya yang membantu keseharian kita.

Namun, benda-benda ini rentan tertelan oleh anak jika kita tidak cukup berhati-hati dan mengawasi anak-anak saat bermain. Jika tertelan oleh anak, benda tersebut bisa menyebabkan penyumbatan sehingga harus dilakukan tindakan untuk mengambil benda tersebut.

Agar anak tidak menelan benda-benda yang  tidak semestinya, orang tua bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

1. Temani dan perhatikan Anak saat bermain

2. Simpan benda yang kecil dalam suatu wadah dan ditaruh di tempat yang jauh dari jangkauan anak

3. Pastikan tidak ada benda kecil dan halus dipermukaan atau tempat yang mudah dijangkau anak

4. Letakan benda yang rentan tertelan dan cairan berbahaya di lemari tinggi dan terkunci

5. Ingatkan juga pengasuh, guru sekolah, tetangga, dan anggota keluarga lainnya agar Anak kita selalu aman di mana pun mereka bermain

6. Awasi anak saat berkunjung ke tempat yang belum tentu child-proof

Berikut ini beberapa benda yang mudah tertelan balita

1. Water Beads

Water beads merupakan salah satu benda yang sangat ideal untuk sensory play seperti menghitung, belajar tekstur, dan ukuran. Memiliki bahan yang juga aman untuk anak yaitu polimer non toksik. Namun benda ini memiliki bahaya tersedak bahkan terterlan oleh balita jika kita tidak mengawasinya. Benda ini dapat menyerap air dan bisa membesar hingga 400x lipat. Jika water beads ini tertelan dan tidak cepat-cepat diambil, bisa saja membesar mengembang di usus anak dan menyebabkan penyumbatan berat pada usus.

2. Baterai Kancing

Memiliki bentuk bulat dengan ukuran kecil, baterai kancing juga termasuk ke dalam benda yang rentan terterlan oleh balita. Baterai Lithium ini biasanya digunakan untu baterai jam dinding, jam tangan, kalkulator Saku dan remote control mobil. Walaupun baterai sudah diangkat menggunakan endoskopi namun tetap ada kemungkinan baterai bocor dan merusak jaringan karena cairan kehitaman dari baterai tersebut.

Share Article

author

Finaur

-

banner-detik

POPULAR ARTICLE

banner-detik
banner-detik

COMMENTS